Sabtu Tanggal 24 Mei ini di Solo akan digelar Solo Blues Festival dengan menampilkan al. Ginda Bestari dan Rama Satria and The Electric Mojos @ Bagi warga Surabaya yang ingin nge Blues bisa datang ke Rodo Cafe di Jl Arif Rahman Hakim, tiap Kamis malam pada acara regular dari Surabaya Blues Community@ Per Januari 2014 BLUES SONORA di Radio Sonora Bandung 93,3 FM mengudara tiap hari Jum'at mulai pukul 21.00 -24.00 WIB. @YANG INGIN TAHU BREAKING NEWS BLUES follow twitter @onestopblues

FROM HIS HEAD TO HIS HEART TO HIS HANDS UPAYA MEMPERKENALKAN LEGENDA GITAR MIKE BLOOMFIELD

Nama Mike Bloomfield mungkin tak setenar nama Eric Clapton,  Jeff Beck, Walter Trout,..atau sebutlah siapa lagi pemain gitar yang lain, well padahal  jika ada pemain gitar yang membuat Carlos Santana keder maka selain  Peter Green , Mike Bloomfield lah orangnya. Ketokohannya tidak diragukan lagi, ia adalah sumber inspirasi utama banyak musisi, terutama gitaris, sebutlah misalnya Robben Ford  atau juga Walter Trout, liwat grup Paul Butterrfield Blues Band yang mana Mike Bloomfield adalah gitarisnya. “Saya tidak mengatakan ia seorang gitaris yang melampaui jamannya, tapi menurut saya ia adalah seorang gitaris yang unik,” ungkap Al Kooper, penulis lagu, gitaris, keyboardis, producer rekaman yang berteman dengan Mike Bloomfield sejak  sama-sama bermain dalam album fenomenal Highway 61 revisited dari Bob Dylan pada tahun 1965.

“Belum pernah saya mempunyai kecocokan bermain musik, seperti halnya saya dengan Mike Bloomfield.,” ungkap Al Kooper, yang kemudian sering bekerjasama dengan Mike Bloomfield setelah bekerja sama dialbum Bob Dylan.  ”Dengan Mike Bloomfield saya bisa menggarap musik dengan tanpa saling berkata. Kita sudah tahu ke arah mana kita ingin bermain.”  Dengan cara seperti inilah album  Super Session ( kerja sama antara Mike Bloomfield, Al Kooper dan Stepen Still ) lahir, begitu juga album blues legendaris The Live  Adventure Of Mike Bloomfield and Al Kooper.

Selepas membantu projek Bob Dylan,  Mike Bloomfield sempat tergabung dalam dua buah grup yaitu grup legendaris The Paul Butterfield Blues Band dan The Electric Flag. Sisanya adalah proyek kerjasama dengan Al Kooper dan Solo project. Ketika ia meninggal pada tahun  1981, pada usia 37 tahun  Al Kooper lah yang merasa paling kehilangan. Al Kooper kemudian terobsesi untuk merilis karya -karya Mike Bloomfield yang belum sempat dirilis. Al Kooper kemudian merilis  Al Kooper & Mike Bloomfield  The Lost Concert Tape (2003), dan obsesi tergresnya adalah memperkenalkan Mike Bloomfield melalui box set  CD  From His Head To His Heart To His Hands, yang berisi permainan gitar dari Mike Bloomfield dari awal karir hingga akhir karirnya. Selama kurang lebih setahun Al Kooper, yang bulan Januari lalu menginjak usia 70 tahun,  memilih karya-karya Mike Bloomfield yang ia anggap bisa mewakili sosok Mike Bloomfield secara utuh, hasilnya adalah tiga buah CD , satu DVD berdurasi sekitar 50 menit dan sebuah booklet, yang menjadi satu kesatuan untuk mengenal Mike Bloomfield dalam Box Set ini.  Dan karena CD, DVD dan booklet menjadi satu kesatuan inilah kiranya sekedar mendapatkan lagu lewat proses download bukanlah cara tepat untuk menangkap apa yang ingin disampaikan Al Kooper. Cara yang paling pas  adalah membeli secara utuh Box Setnya !!

 Trailer dari DVD dokumenter Mike Bloomfield, Sweet Blues 

Leave a Response